Senin, 29 Agustus 2011

Mengenal Sosok Rasulullah

Sumber: Buku Sirah Nabawiyah (Syaikh Shafiyyurahman Al-Mubarakfury)

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sebagai sosok uswatun hasanah sangat dicintai oleh ummatnya. Kesempurnaan akhlak dan fisik beliau tak mampu dilukiskan dengan tangan Leonardo sekalipun. Berikut adalah paparan riwayat yang menjelaskan keindahan akhlak dan fisik yang saya ambil dari buku Sirah Nabawiyah..

Keindahan Fisik

1. Ummu Ma'bad Al-Khuza'iyah menggambarkan beberapa sifat nabi Muhammad di hadapan suaminya, saat beliau lewat di kemahnya dalam perjalanan hijrah ke Madinah.

" Dia sangat bersih, wajahnya berseri-seri, bagus perawakannya, tidak merasa berat karena gemuk, tidak bisa dicela karena kepalanya kecil, elok dan tampan, di matanya ada warna hitam, bulu matanya panjang, tidak mengobral bicara, lehernya jenjang, matanya jelita, memakai celak mata, alisnya tipis, memanjang dan bersambung, rambutnya hitam, jika diam dia tampak berwibawa, jika berbicara dia tampak menarik, dia adalah orang yang paling elok dan menawan dilihat dari kejauhan, bagus dan manis setelah mendekat, bicaranya manis, rinci, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak, bicaranya seakan-akan merjan yang tertata rapi dan landai, perawakannya sedang-sedang, mata yang memandangnya tidak lolos karena perawakannya pendek dan tidak sebal karena perawakannya tinggi, seakan satu dahan di antara dua dahan, dia adalah salah seorang dari tiga orang yang paling menarik perhatian, paling bagus tampilannya, mempunyai rekan-rekan yang menghormatinya, jika dia berbicara mereka menyimak perkataannya, jika dia memberikan perintah mereka bersegera melaksanakan perintahnya, dia orang yang ditaati, disegani, dikerumuni orang-orang, wajahnya tidak merengut dan tidak ada pula orang yang diremehkan."

2. Anas bin malik berkata, " Kedua telapak tangannya lebar, warna kulitnya elok, tidak terlalu coklat, kuat kepalannya, di kepala atau jenggotnya terdapat hanya ada dua puluh lembar uban" (Shahih Al-Bukhary,1/502)

3. Al-Barra' berkata, " Beliau adalah orang yang paling tampan wajahnya dan paling bagus akhlaknya."
Al-Barra' pernah ditanya, "Apakah wajah beliau seperti pedang?" Dia menjawab, "Tidak. tapi wajah beliau seperti rembulan." Dalam riwayat lain disebutkan, "Wajahnya bulat".

4. Jabir bin Samurah berkata, "Aku pernah melihat beliau pada suatu malam yang cerah tanpa ada mendung. Kupandangi Rosulullah lalu kupandangi rembulan. Ternyata menurut penglihatanku beliau lebih indah daripada rembulan." (At-Tirmidzi)
Jabir berkata lagi, "Beliau tidak melewati suatu jalan lalu seseorang membuntutinya, melainkan dia bisa mengetahui bahwa beliau telah lewat, dari keharuman bau keringatnya," (Ad-Darimy, Misukatul Mashabih, 2/517)
Di antara kedua bahunya ada cincin nubuwah seperti telur burung merpati.

5.Ar-rubayyi' binti Mu'awwidz berkata, " Saat melihat beliau, seakan-akan aku sedang melihat matahari yang sedang terbit." (Misykatul Mashabih, 2/517)

6. Anas berkata, "Aku tidak pernah menyentuh kain sutra yang lebih halus daripada telapak tangan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam. Aku tidak pernah mencium suatu aroma, minyak kesturi atau bau apa pun yang lebih harum daripada bau dan aroma Rosulullah."(Al-Bukhary, 1/503)

7. Abu Juhaifah berkata, " Aku pernah memegang tangan beliau lalu kutempelkan wajahku. Ternyata tangan lebih dingin daripada es dan lebih harum daripada aroma minyak kesturi." (Al-Bukhory,1/502)

8. Ibnul-Abbas berkata, "Ada celah diantara gigi-gigi serinya. Jika sedang berbicara, terlihat ada semacam cahaya yang memancara dari gigi-gigi seri itu." (Ad-Darimy,Misukatul Mashabih, 2/518)
Leher beliau seperti leher boneka yang terbuat dari perak yang mengkilat, mulutnya indah dan dan lebar, jenggotnya lebat, keningnya lebar, hidungnya indah, kedua pipinya lembut dan empuk, dari leher depannya hingga ke pusarnya melajur seperti tongkat, hanya di dada dan perutnya yang ada bulunya, lengan dan betisnya juga ada rambutnya, perut dan dada sama-sama bidang, pergelangan tangannya panjang, telapak tangannya lebar, bentuk tulang lengan dan betisnya bagus, telapak kakinya yang tengah itu melengkung, anggota-anggota badannya panjang, jika badannya condong, maka condongannya itu kuat, langkah-langkah kakinya lebar, dan berjalan dengan tenang (Khulashatus-Sair, hal 19-20)

9. Ali bin Abu Thalib juga berkata mensifati diri Rasulullah, "Beliau bukan orang yang terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek, orang yang perawakannya sedang-sedang, rambutnya tidak kaku dan tidak pula keriting, rambutnya lebat, tidak gemuk dan tidak kurus, wajahnya sedikit bulat, kedua matanya sangat hitam, bulu matanya panjang, persendian-persendiannya yang pokok besar, bahunya bidang, bulu dadanya lembut, tidak ada bulu-bulu di badan, telapak tangan kakinya tebal, jika berjalan seakan-akan sedang berjalan di jalanan menurun, jika menoleh seluruh badannya ikut menoleh, di antara kedua bahunya ada cincin nubuwah, yaitu cincin para nabi, telapak tangannya yang terbagus, dadanya yang paling bidang, yang paling jujur bicaranya, yang paling memenuhi perlindungan, yang paling lembut perangainya, yang paling mulia pergaulannya, siapapun yang tiba-tiba memandangnya tentu enggan kepadanya, siapa yang bergaul dengannya tentu akan mencintainya. Aku tidak pernah melihat orang yang seperti beliau, sebelum maupun sesudahnya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar